Penyakit Blas

 

PENYEBAB : cendawan Pyricularia oryzae

     Gejala serangan dimulai dari bercak kecil berwarna coklat keputih-putihan, biasanya tepi bercak berwarna coklat. Bercak pada daun mempunyai ciri khas yaitu berbentuk lonjong di tengah dan meruncing di kedua ujungnya atau dapat berbentuk belah ketupat. Bagian tengah bercak berwarna kelabu atau keputih-putihan, dan bagian tepi biasanya coklat atau merah kecoklatan. Bentuk dan warna bercak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan kepekaan tanaman padi.

Bercak dapat juga terjadi pada malai. Gejala pada leher malai ditunjukkan dengan warna coklat keabuan sampai hitam pada pangkal leher malai. Infeksi pada leher malai akan mengakibatkan leher malai mudah patah, sehingga pengisian malai terganggu bahkan hampa.

Penyakit Blas dapat menyerang semua umur tanaman padi. Hal yang patut diwaspadai juga adalah penyakit ini terbawa benih (Seed borne disease). Tingkat keganasan penyakit Blas bisa berbeda-beda. Penyakit Blas akan berkembang dengan cepat pada kondisi kelembaban tinggi dan varietas padi yang peka.

Ras Blas mudah berubah yang mengakibatkan cepat patahnya ketahanan tanaman. Jamur ini juga mudah bermutasi yang menyebabkan menjadi tahan terhadap fungisida.

      Faktor –faktor yang dapat menjadi pemicu berkembangnya penyakit Blas antara lain:

 

© 2017 - Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan - Direktorat Jenderal Tanaman Pangan
Jl. AUP Pasar Minggu Kotak Pos 7236/Jks PSM . Jakarta Selatan 12520 Phone: 021-7805652. Fax: 021-7805652
(Jam 09.00 s.d 15.00 WIB setiap hari kerja)